blog ini berisi tentang kumpulan beberapa tanaman yang mungkin kalian belum pernah melihatnya secara langsung. disini kalian akan mendapatkan informasi yang banyaaaakkkkkk......sekali tentang tanaman unik.

Selasa, 07 Desember 2010

Jamur, Tumbuhan Berpayung Pembersih Sampah Bumi



Image and video hosting by TinyPic
Jamur itu tanaman seperti apa sih?
Jamur termasuk tanaman dengan bentuk dan fungsi yang unik. Dia tidak punya daun dan akar sehingga tidak bisa membuat makanan sendiri. Sebagai gantinya, Tuhan menciptakan alat khusus berupa benang halus di ujung tangkai bawah yang berfungsi menyerap makanan di tanah.
Tanaman unik ini memiliki tugas khusus dan penting lho. Yaitu, makanan sisa-sisa tumbuhan yang mati. Cairan dalam tubuh jamur bisa menghancurkan batang pohon yang sudah mati. Coba bayangkan, apa yang terjadi jika tidak ada jamur. Pasti akan banyak sampah dan onggokan pohon yang memenuhi bumi kita.
Selain di tanah, terkadang jamur juga bisa kita lihat di pintu rumah atau di roti tawar yang kelamaan enggak kita makan. Tak usah heran, sebab jamur mempunyai banyak jenis dan bisa tumbuh di beberapa tempat.
Image and video hosting by TinyPic
Untuk membedakannya, jamur digolongkan menjadi dua, yaitu jamur yang beracun dan jamur yang bisa dimakan. Salah satu jenis jamur beracun adalah jamur yang hidup di hutan cemara. Warnanya merah berbintik putih. Mereka biasa disebut cendawan payung. Bentuknya menarik, tapi jangan coba-coba memakannya. Sedangkan jamur yang bisa dimakan umumnya berwarna putih atau cokelat. Beberapa diantaranya, jamur merang, kancing, kuping, shitake, dan jamur hitam.
Nah, jamur di roti termasuk jenis kapang, tidak bisa dimakan. Jamur kapang juga bisa kamu temui di batang pohon. Sementara pintu rumah atau kursi kayu yang ditumbuhi jamur, menandakan perabotan tersebut sudah mulai lapuk. Kalau dibiarkan saja, lama-kelamaan akan rusak. Hebat ya, tanaman kecil yang sepertinya lemah itu ternyata bisa menghancurkan kayu yang ukurannya berkali lipat lebih besar.
Jamur Sahabat Manusia
Ada pula jenis-jenis jamur yang sangat bermanfaat bagi manusia. Salah satunya adalah ragi, jamur yang digunakan untuk mengembangkan adonan roti. Lalu, jamur Penicillium Chrysogenum, dipakai untuk bahan pembuat obat penisilin.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Merkur 34c Slatin Handle Closed Comb - Xn--o80b910a26eepc81il5g.online
Merkur 34c Slatin Handle Closed Comb Double Edge 제왕 카지노 Safety Razor Double Edge Safety Razor, 메리트카지노총판 Chrome Plated, Platinum 샌즈카지노 plated, Merkur 34C Safety Razor 34C Safety Razor Double Edge  Rating: 4 · ‎1 review

Posting Komentar

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.